03 November 2009

Indonesia rawan gempa dan Tsunami

ternyata bukan hanya negara jepang saja yang ditetapkan rawan gempa dan tsunami, kini negara indonesia juga ikut-ikutan rawan gempa, masih belum hilang trauma gempa di tasikmalaya, indonesia dihajar lagi dengan terjadinya gempa di padang pariaman yang menewaskan ratusan jiwa,apa yang sebenarnya yang terjadi dengan indonesia??? Potensi gempa di Indonesia memang terbilang besar, apa pasal? sebab Indonesia berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar yang aktif bergerak. Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda.Kemudian interaksi lempeng India-Australia, Eurasia dan Pasifik yang bertemu di Banda serta pertemuan lempeng Pasifik-Asia di Sulawesi dan Halmahera. Kata Sukhyar, terjadinya gempa juga berkaitan dengan sesar aktif. Di antaranya sesar Sumatera, sesar Palu, atau sesar di yang berada di Papua. Ada juga sesar yang lebih kecil di Jawa seperti sesar Cimandiri, Jawa Barat.

Berhubung sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi baik waktu, tempat dan intensitas gempa di Indonesia, maka zona-zona yang masuk rawan gempa harus mendapat perhatian. Ada dua pendekatan untuk mengantisipasi terjadinya gempa agar tidak menimbulkan dampak yang besar.

Pertama, pendekatan struktural yakni mengikuti kaidah-kaidah konstruksi yang benar dan memasukan parameter kegempaan dalam mendirikan bangunan.

Kedua, pendekatan nonstruktural dengan membuat peta rawan bencana gempa. Informasi potensi gempa ini dimasukan dalam perencanaan wilayah. Ketiga, intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pemahaman dan pelatihan penyelamatan dampak gempa. Baik secara langsung mapun jalur pendidikan


1 comments:

  1. ada pepatah mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang "Gempa Ripa Loh Jinawi"

    ReplyDelete

Blog ini do follow, silahkan tinggal kan jejak disini untuk mengejar backlink...